Pendampingan bagi Mahasiswa Filipina yang Mengajar Bahasa Inggris pada Siswa SD

Authors
Ekawati Dukut, Krismalita Diasti

Abstract
Pelajaran bahasa Inggris di Indonesia ada yang dimulai sejak SD, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota dan sekolahnya mempunyai fasilitas yang memadai. Sebagai sebuah Fakultas yang mempunyai kurikulum untuk TEYL (Teaching English for Young Learners), dosen dan mahasiswa di Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata terpanggil untuk mempraktikkan ilmunya pada program pengabdian masyarakat yang berupa pendampingan pengajaran bahasa Inggris untuk siswa SD di Marsudirini Gedangan dan di SD Antonius yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Terlebih dengan adanya tamu mahasiswa dari Filipina yang ingin mempraktikkan keahlian mengajar Bahasa Inggrisnya, maka kegiatan ini dipandang perlu untuk dilakukan. Selain menjalin kersama dengan sebuah universitas di Filipina dan dengan dua SD di Semarang, tujuan dilakukannya kegiatan pendampingan adalah sebagai bentuk aktualisasi program pengabdian masyarakat untuk (1) meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa di ke dua SD tersebut, dan (2) meningkatkan praktek mengajar mahasiswa tamu dari Universitas St. LaSalle, Bacolod, Filipina. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi diterapkan dalam proses praktek mengajar di kedua SD tersebut. Metode yang digumakan dalam kegiatan ini adalah teacher mentoring yang memungkinkan mahasiswa dari Filipina untuk bertatap muka dan berkonsultasi terkait dengan rencana dan evaluasi praktek mengajar mereka. Hasil dari kegiatan ini adalah terealisasikannya keperluan mahasiswa Filipina untuk melakukan praktek pengajaran Bahasa Inggris di luar negeri, dan berkembangnya kerjasama antara Unika Soegijapranata dengan sekolah SD yang dipilih, dan dengan Universitas dari Filipina tersebut.

Keywords
pengajaran bahasa Inggris, SD, Jawa Tengah, kerjasama, Filipina, pendampingan

Archive
PDF file

Conference Track
INOVASI DALAM PENYULUHAN DARI BERBAGAI BIDANG ILMU

co-hosted by: